Manfaat Rumput Kebar

Rumput Kebar bukanlah tumbuhan yang sering kita temui selama ini, baik yang tumbuh di kebun-kebun, tanah lapang atau perkarangan samping rumah. Dinamakan rumput kebar karena tumbuhan ini tumbuh subur bersama tumbuhan sejenis rerumputan, dikatakan KEBAR karena tumbuhan ini hanya tumbuh di daerah Distrik Kebar Manokwari Papua Barat. Tumbuhan dengan nama latin Biophytum petersianum  Klotzsch ini memiliki khasiat yang luar biasa bagi pasangan suami istri yang telah lama belum dikaruniai momongan atau anak.
Rumput kebar secara turun temurun dipergunakan oleh penduduk Distrik Kebar sebagai obat Diare, keluhan penyakit tulang, penawar racun gigitan ular dan yang utama sebagai obat penyubur kandungan bagi kaum wanita. Sosialisasi ke masyarakat umum tentang manfaat rumput kebar berjalan lambat hanya dari mulut kemulut berdasarkan bukti emperis saja.
Menyangkut manfaatnya sebagai penyubur kandungan, memang sudah menjadi rahasia umum. Tidak heran, Unipa melakukan studi dan hasilnya pun menggembirakan. Dari hasil penelitian tersebut dilaporkan bahwa rumput kebar bisa menjadi salah satu alternatif bagi perempuan atau pasangan yang belum memiliki momongan, dinding rahim menebal.

Terjadinya penebalan pada dinding rahim ini berarti dapat membantu proses pembuahan dalam proses kehamilan. Pasalnya, dinding rahim yang tebal memudahkan sperma menempel sekaligus memudahkan proses kehamilan.
Manfaat rumput kebar yang telah terbukti saat ini adalah :
  1. Menyuburkan kandungan
  2. Menebalkan dinding rahim
  3. Memperkuat rahim
  4. Memperbanyak sel telur
  5. Memperbesar sel telur
  6. Obat keputihan dan haid tidak lancar.

1 komentar: